All about a Sanguine, si sok asik yang bermental superstar!

Berikut adalah kumpulan artikel yang aku dapat dari berbagai sumber tentang orang Sanguinis.

Sanguine: bottom left (Wikipedia)

Ceritanya aku sedang pengen refleksi diri nih..

Kepribadian Sanguis (Sanguis yang Populer)
Kemampuan orang Sanguinis yang Populer untuk melangsungkan percakapan yang mengasyikkan apakah mengenai sesuatu merupakan segi plus yang membuat iri hati orang lain; tetapi kalau dibawa sampai ke ujung yang ekstrim, orang Sanguinis yang Populer bicara terus-menerus, memonopoli, menyela, dan menyimpang terlalu jauh dari kebenaran.
Bergaul dengan orang sanguin ini sebenarnya menyenangkan, jika dia bercerita dia bisa menggambarkan sesuatu dengan baik, sehingga pikiran kita diajak untuk merangkai katanya-katanya seperti sebuah film di kepala kita, saking bagusnya penggambaran ceritanya.

Iyaaa aku suka banget hidup dikelilingi orang, cerita-cerita, geje-geje 🙂

SANGUINIS
Bagaimana seorang Sanguin harus menyelesaikan pekerjaannya ? Ini susahnya. Orang Sanguin ini orangnya gampangan. Cara dia menyelesaikan pekerjaannya adalah dengan cara yang dianggapnya paling menyenangkan (Fun Away). Bagi dia kalau pekerjaan itu menyenangkan baginya maka dia bisa-bisa tidak ingat waktu. Sayangnya, sang Sanguin ini terkesan bertele-tele karena ingin selalu mencari celah-celah pekerjaan yang bagi dia bisa menimbulkan kegembiraan. Si Sanguin ini juga suka menunda-nunda pekerjaan bahkan kerap melupakan apa yang sudah dikerjakannya. Dia bekerja tanpa rencana dan cenderung menganggap remeh apapun yang dilakukannya. Sikapnya cenderung seenaknya. Kalau ada keramaian maka orang Sanguin selalu tampil paling menonjol, entah dari segi pakaiannya, teriakannya yang menarik perhatian orang atau tingkah lakunya yang nyentrik. Si sanguin ini bisa diibaratkan seorang anak yang terkurung dalam tubuh orang dewasa. Awet muda dan senang bermain-main.

Tentu saja kita pasti memilih cara yang paling menyenangkan bukan? 🙂 Awet muda, senang bermain-main, baiklah 😀 tapi ooops.. sanguin suka menunda pekerjaan! 😛

http://galuhristyanto.web.id/mengenali-tipe-diri-pribadi-dan-orang-lain/

Sanguinis (Populer –> Pembicara)

Kelebihan Tipe Sanguinis

  • Emosi
    – kepribadian menarik
    – pembicara yang baik
    – suka berbicara, biasanya memukau pendengar
    – menghidupkan suasana, rasa humor tinggi
    – emosional dan demostratif
    – antusias, ekspresif, penuh semangat, periang
  • Dalam Pekerjaan
    – suka membantu tugas orang lain
    – tampak hebat, kreatif dan inovatif
    – menarik perhatian orang lain untuk mengikutinya
  • Sebagai Teman
    – supel, mudah berteman (gaul), menyenagkan
    – mudah minta maaf
    – suka dipuji

Kesimpulan Tipe Sanguinis
Tipe orang Sanguinis merupakan pribadi yang menyenangkan jadi tidak salah jika banyak orang yang menyukainya, ingin merasa dirinya dikenal banyak orang, ide-idenya gila tetapi kreatif dan inovatif seperti ide-ide orang sukses, ingin dirinya menjadi trend setter agar orang lain mengikuti jejaknya.
Kelemahan Tipe Sanguinis
  • bicara terus menerus (cerewet)
  • suka memonopoli
  • penyela (biasanya menyela pembicaraan orang lain)
  • menyimpang terlalu jauh dari kebenaran (suka membual)

Kurang lebih setuju dan pas banget dengan karakterku, tapi aku tu ngga lucu-lucu banget ah orangnya XD ngga cerewet banget juga 😀

Sanguin (Sanguine) – Darah – Hidup – “Yang Populer”. Orang-orang sanguin cenderung ingin populer, dengan mencari perhatian orang disekitarnya. Mereka senang sekali bicara tanpa bisa dihentikan. Gejolak emosinya bergelombang dan transparan. Pada suatu saat ia berteriak kegirangan tapi setelah itu ia bisa jadi menangis tersedu-sedu. Gayanya yang gaduh, bersuara keras, dan ramah membuatnya tampak percaya diri lebih daripada yang sebenarnya. Kadang-kadang ia terlihat sembrono/kurang sopan. Dan dengan mudah ia dapat menyebarkan perasaannya kepada orang lain melalui perkataannya. Terkadang orang sanguin sedikit agak pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir ‘pendek’, dan hidupnya serba tak teratur. Dia adalah orang yang sangat bersemangat dalam hidupnya. Ia selalu tampak ceria, hangat, bersahabat, dan sangat menikmati hidup (enjoy aja!). Seorang sanguin cenderung lebih mendasarkan perasaannya daripada pemikirannya saat ia mengambil keputusan. Ia sangat menyukai ‘kesenangan’, seorang sanguin jarang sekali membiarkan hatinya bersedih berlama-lama..

Yups! Jarang membiarkan hati ini bersedih lama-lama, walaupun gampang galau juga 😀 Daaaan betul sekaliii, gejolak emosi sangaat bergelombang, kalo lagi excited, excited buaaangeeet (pake poool), trus bisa tiba-tiba tanpa terduga jadi sedih (tapi kalo sedih jarang sedih-sedih banget).

SANGUINIS yang Ceria
  • orang sanguinis suka banget bicara di depan khalayak ramai, suka dengan keceriaan, paling bisa mencairkan suasana
  • Orang sanguinis juga biasanya menghindar dari hal-hal yang membosankan, mereka tipikal orang yang “nyantai aja” artinya jarang menyimpan dendam
  • Orang sanguinis biasanya suka hal-hal yang spontan dan pintar mengambil inisiatif untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan
Kalo lagi bete boleh nih kita datengin si sanguin, dia akan dengan senang membagi keceriaan. Disamping itu, sanguin juga punya kelemahan. Berikut kelemahannya :
  • Orang sanguinis dikenl suka membesar-besarkan suatu kejadian (istilah jaman sekarang “lebay” ) suara & tertawanya kadang terlalu keras, & sulit untuk diam
  • Orang sanguinis juga dikenal dalam bekerja “banyak bicara di awal penuh semangat” tapi dalam prosesnya banyak melupakan kewajiban, hmm, hati2 yang ini yaa!
  • Sanguinis sangat susah tepat waktu karena kebiasaan “nyantai-nya” tadi, mereka juga suka berubah-ubah pendirian, dan kurang konsisten
  • Orang sanguinis suka mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas, bahkan kadang menuju ke arah egoistis
Nah, dari sini klo ada yang merasa dirinya dominan sanguin dan tau kelemahan dari sanguin bisa deh melakukan pembenahan untuk mengoptimalkan potensi yang ada dari sanguin ini. 🙂

Iyaaa, ayo datang ke saya kalo lagi bete 🙂 Buka biro konsul gratis daah (lebih tepatnya biro mendengarkan ding, soalnya nasehat2 saya juga ngga jitu2 amat).

Nah ketahuan kan plinplan saya datang dari mana XD dan betul sekali saya sering “anget-anget tai ayam” tapi dengan bergaul dengan orang tipe lain, misalnya koleris, saya jadi lumayan konsisten semangatnya 🙂

Yang saya belom nemu itu, kalo orang sanguin cocoknya hidup sama orang dengan tipe kepribadian apa ya? #kabur

Advertisements