Numpak Cruise

Saya itu orangnya suka telat nyadar. Sampe sebenernya rada heran aku ni cowo apa cewe si kok orangnya ga pekaan.. haha (opo hubungane)

Eniwei saya mau cerita tentang naik cruise.

Setelah kisah ini berlalu, setelah exchange saya selesai dan kembali ke tanah air, kemudian saya mulai hobi nonton tv kabel (di swedia ga punya tipi bok) terutama tv show tentang traveling, saya baru nyadar kalau naik cruise itu bener bener bener menyenangkan 😛 why? Ok sekarang posisinya Anda sedang mobilisasi dari suatu tempat ke tempat lain tapi blas tidak kerasa seperti sedang dalam perjalanan karena disuguhi dengan hal-hal yang sangat menyenangkan. Kalau dengan transportasi lain itu pasti masih kerasa “motion” nya. Tapi cruise itu beda deh sama naik kapal biasa (entah kenapa, mungkin karena speednya rendah ya)

Yak dan ini cerita saja dari saya waktu naik cruise ke Riga, Latvia lewat Stockholm, Swedia dalam rangka winter gathering PPI Swedia (yang setelah berbulan-bulan kepungkur baru kusadari itu asyik dan pengen lagi.. aaaaa)

Nama cruise nya waktu itu MS Romantika (uhui! :p) dari Tallink Silja Line, sepertinya sebuah cruise yang juga menyediakan perjalanan ke beberapa negara Skandinavia dan Baltik seperti Finland, Estonia, Latvia, dll. Tiap orang pesan satu bed dimana satu kamar bisa diisi 2-4 orang, dan semakin banyak orang semakin murah, jadi waktu itu kami dipesankan kamar untuk 3 orang. Lumayan murah loh! 200 SEK-an aja.. Rp250.000an.. (etapi ini pas diskon pa ya? lupa saya)

di dalam kabin, kayak kamar hotel cuman kasurnya lagi dipepetin dinding

sisi lain kamarnya, ada tipi, hanger jaket, toilet, dan tangga buat naik kasur

Nah selain tiap orang dapet kamar yang asik, si cruise ini menawarkan berbagaaaaai macam entertainment yang oke punyaa.

1. Deck

Nah deck ini cocok kalo pas baru aja lepas landas jadi masih bisa liat landscape sekitar, atau pas matahari bersinar terang (secara di Baltik matahari dicari-cari).

yuhuuu liat-liat kepulauaaan

berjemur? ah kita mah yang penting poto-poto 😀

2. Shopping

Entertainment kedua yang dijamah setelah deck yaitu shopping. Katanya sih, di sini banyak barang duty free. Dari dulu saya ga ngerti trus kalo duty free asiknya dimana, tetep aja mahal tuh.. kecuali wine dan semacamnya kali ya. Dan hobi dan motto saya kalo mampir duty free shop adalaaaah.. nyobain parfum satu-satu wkwkwkw.. Tapi akhirnya waktu itu beli juga coklat Toblerone yang fruit n berries yang segede gaban harganya termasuk murah.

belanja bu? apa nuker currency?

3. Panggung Pertunjukan

Trus ada juga panggung pertunjukannya, di sini ditampilkan pertunjukan musik, sulap, games, dan pertunjukan a la Karibian yang sayangnya si mbak-mbaknya bajunya kaya di pantai aja (trus knp ditonton? -_-). Waktu itu ada games geje dimana ada sejumlah cewek yang lebih banyak 1 orang ketimbang jumlah cowoknya, trus ketika musik berhenti mereka harus buru-buru naik ke atas punggung cowok, nah karena kelebihan 1 cewek, cewe yang ga dapet (dan satu cowo yang ditunjuknya? lupa) keluar deeh.. makanya jadi geje pol tapi kocak. 😆

bukan, ini bukan games yang gendong2an kok

4. Arcade

Berhubung entertainment lainnya agak mikir-mikir kalo mau ikutan, akhirnya nemu arcade dan iseng mainan di arcade, soalnya udah lama ga main semacam Timezone begini.

balap motooorr

5. Meeting Room

Sambil bersenang-senang, kita ngerjain yang serius-serius gimana? Asik pastinya. Nah waktu Winter Gathering selain main-main, kita juga ada meeting PPI Swedia nih..

meeting PPI Swedia di dalam cruise.. asiknyaa :3

6. Sauna, Pool, Restoran, Karaoke, Club, etc

Daaan masih banyak lagi entertainment yang saya nggak perlu jamah. Udah jalan-jalan keliling aja asik kok 😉

Asik ya! Perjalanan aja banyak banget hiburannya begini, rasanya mau sekalian yang jauh perjalanannya, ke Indonesia misalnya, 😛 Tapi ya sayangnya itu banyak yang “geje” sih, seandainya ada cruise untuk muslim seru banget tuh~! Sempet liat ada cruise Greece dan Turki :3 tapi saya yakin ini ga beda jauh gejenya, walaupun ke Turki juga. One day Indonesia harus punya cruise line juga nih (yang entertainmentnya pake ciri khas ketimuran lo yaa pastinyaa 😉 ) misalnya dari Jawa ke Pulau Komodo atau ke Belitong atau ke Sulawesi (kejauhan ga ya? hehe)

Aku kasi bonus foto interior yah..

lorong

tangga

mahasiswa banyak tugas pun masih bisa ngerjain

P.S. Pantesan ya orang dulu semangat banget bikin kapal macem Titanic gitu..

Restarting More Often

(I started writing this post on October, obviously some things have changed)

Since my thesis defense is done and all the requirements for my bachelor degree is settled, now I am free from college activities. My graduation is still in November. Not that it means I do not have anything to do at all or I have not started preparing for what comes after this, but it just that I do not have anything binding me. I am free to do what I like, free to wake up and sleep at whatever time I want, free to go anywhere as long as I want, etc. Sometimes this unbound routine resulted in unhealthy habits.

Like my sleeping time. I do not have to come to any places at any certain time. I sleep whenever my brain tells me to do so.  I also stay up a lot, sometimes I feel more alert at midnight. The result is that I have very uncertain sleeping time, sometimes very bad one, like I get sleepy during the days and alert at night.

Then there are simple things like shower. Since a new water heater is installed at home, I always shower in warm water, even when I don’t need to. Eventually I became very dependent to warm water, yeah, as in I cannot take a shower in cold water anymore. I actually got sick  a few times after showering in cold water! And I hate it 😦 , it feels like I am a spoiled, have-lots-of-restriction girl. I like to be flexible instead. Like if one day I have to travel to limited access areas I would survive 😆

Thankfully sometimes I found “a way out”. For example when my sleeping time gets so bad, I had to take my mom/dad to the airport early in the morning so I had to be up early and not going back to bed too soon. And when I started to become dependent to hot water shower, I traveled abroad, and felt hot when I came back so I prefered cold water shower instead 😆

However these kinds of “restart buttons” don’t happen everyday like we want them to. We must force ourselves to get out of the unhealthy habits. The key to this restarting is always, always feel open to try something new, get out of your comfort zone. I like to have traveling as the best treatment. Even though traveling seems like just wasting time and money, somehow traveling takes yourself to a very strong concious state (?-I mean like you are ready for whatever happens) and feeling new rhythm. Well, it is certainly not that traveling is the only solution. I mean you can always invent your own restart button 😉 Simple things like visiting a friend (And I mean not just on Facebook obviously) will also be great for you. Remember that the bad habits may come back anytime, so we really really need to have the ability to restart a lot often.

Try something new, isn’t that what makes you stay young?